AHA MyTV : Internetan Sambil Nonton TV

Layanan internet AHA MyTV yang diluncurkan Juli silam mengundang daya tarik tersendiri. Selain diklaim jago ngebut -- setelah diusung teknologi EVDO -- AHA MyTV juga tampil beda karena dilengkapi aplikasi internet TV.

Penasaran ingin mengetahui kemampuannya, detikINET pun menjajal produk dari Bakrie Connectivity ini. Adapun jenis modemnya yakni Huawei EC150.

Instalasi
Instalasi tentunya menjadi tahap pertama yang harus dilakukan sebelum menjajal modem. Proses instalasi terbilang cukup mudah, membutuhkan waktu sekitar 8 menit. Koneksikan modem ke komputer atau laptop, selanjutnya akan tampil pilihan menjalankan AutoRun. Semua petunjuk proses instalasi relatif mudah dimengerti. Tinggal ikuti tahap demi tahap proses tersebut hingga program terinstal

Sebelum menikmati layanan internet, tahap selanjutnya adalah melakukan registrasi nomor SIM card modem atau nomor prabayar. Nah, proses ini lumayan memakan waktu karena banyaknya informasi yang harus diinput dengan seksama.

Saat proses instalasi selesai, aplikasi AHA TV pun secara otomatis terunduh. Aplikasi dengan size 1,18 MB inilah yang nantinya digunakan untuk menonton siaran TV.

Berinternet

Untuk memulai berinternet, klik shortcut AHA Dialer. Pertama kali menjajalnya, detikINET disambut suara jingle AHA yang cukup mengejutkan. Bagi sebagian pengguna, ini mungkin cukup mengganggu. Jangan khawatir, jika tidak menginginkannya suara jingle ini bisa dimatikan melalui pengaturan di Tools dan Option.

Tampilan AHA Dialer pun muncul. Sederet menu utama yang terletak di sisi kiri halaman terbilang lengkap. Ada Home untuk terkoneksi dengan internet, Logs untuk mengetahui data yang masuk/keluar, kecepatan download/upload, dan statistik pemakaian data harian, bulanan, dan tahunan.

Terdapat juga Messaging, Phonebook, Registration, Package untuk menentukan pilihan paket internet, Reload, untuk memudahkan mengisi ulang pulsa dan Usage Meter jika ingin melihat berapa banyak data yang sudah dipakai.

Untuk diketahui, modem ini memberikan fasilitas internet gratis dengan kuota 2 GB dan kecepatan di atas kertas hingga 3,1 Mbps selama sebulan pertama pemakaian. Namun pada kenyataannya, kecepatan internet bergantung coverage area. Pengujian yang dilakukan detikINET di wilayah Bogor dan Jakarta Selatan menampakkan hasil sedikit berbeda.

Di Jakarta Selatan, performa unduh dan unggah terhitung cukup baik, meski kestabilan diharapkan untuk lebih ditingkatkan lagi. Berdasarkan pengujian di kedua area tersebut, koneksi internet menangkap jaringan sinyal EVDO secara penuh. Menggunakan Speedtest.net, kecepatan unduh dan unggah di dua lokasi tersebut rata-rata berkisar di 0,3 mbps dan 0,54 mbps.

AHA TV

Ini dia yang lebih membuat detikINET penasaran. Seperti apa layanan internet TV lewat modem ini? Setelah mengklik AHA TV, akan muncul halaman login. Untuk menikmati siaran TV, terlebih dahulu pengguna harus mendaftar di situs AHA, tepatnya pada customer login. Karena pada saat akan memasuki layanan AHA TV, pengguna harus login dengan akun yang dibuat di situs AHA.

Setelah masuk, aplikasi ini menyuguhkan tampilan seperti situs berbagi video dengan berbagai menu pilihan. Video streaming terletak di sebelah kiri -- tampilannya bisa di full screen -- dan pilihan channel TV, film, program AHA dan YouTube di sebelah kanan.

Menu AHA My TV berisi channel televisi. Sayangnya, pilihan channel terbatas, hanya ada delapan yakni TV One, Global TV, MNC TV, SCTV, RCTI, CNN, BBC dan Cartoon Networks.

Terletak di sebelah AHA My TV ada menu AHA Program. Di sini terdapat program yang khusus disediakan AHA yang terbagi dalam kategori Sport, Music, Infotainment, Religion, News dan Entertainment. Namun kebanyakan channel yang tersedia adalah video klip musik.

Selanjutnya ada AHA Movies. Pengguna bisa membeli dan menonton film selama satu bulan. Kategorinya ada Hollywood, Bollywood Classic, Indian Regional Movies dan Indonesian Movies. Sayang, film yang tersedia sebagian besar film lama. Untuk menikmati AHA Movies, dikenakan biaya Rp 5.500 per film sedangkan layanan TV dan channel lain dibanderol Rp 5.500 per hari.

Soal tampilan, tayangan tampak cukup mulus, hampir tanpa buffering. Namun karena bergantung pada koneksi internet, saat koneksi tidak stabil, ini akan mengganggu tayangan. Catatan lain, sangat disayangkan kualitas gambarnya tidak begitu bagus. Kekurangan ini tambah terasa ketika tayangan diubah ke mode full screen yang membuat gambar tampak buram.

Bagi Anda yang suka berjejaring sosial, aplikasi ini bisa terhubung ke akun Facebook dan Twitter. Apa yang sedang ditonton pun bisa dibagi ke teman di jejaring sosial dengan tanda via AHA MyTV.

Kesimpulan

Untuk berinternet, AHA MyTv bisa diandalkan karena kecepatan internetnya cukup baik. Namun karena internet TV menjadi 'alat jualan' yang membedakannya dengan modem lain, sangat disayangkan jika pilihan programnya masih terbatas.

Sebagai alternatif pilihan dari TV berlangganan, harga yang ditawarkan AHA MyTv terbilang lumayan. Namun bagi pengguna yang membutuhkan hiburan seperti TV berlangganan yang bisa dinikmati di perangkat portabel seperti laptop atau netbook, tayangan melalui AHA MyTv bisa menjadi pilihan.

Spesifikasi

- Merek: Huawei
- Tipe Modem: EC150
- Frekuensi: 800 Mhz
- Dimensi: 80x25x11.5 mm
- Memory slot Micro SD mendukung hingga 8 GB
- Berat: 17 gram
- Sistem Operasi: Windows XP SP2/SP3, Windows Vista SP1/SP2, Windows 7, Mac OS X 10.5 dan 10.6, Linux Ubuntu 10.04/9.10/9.04, openSUSE 11.3/11.2, Fedora 13/12/11, Debian 5.0, Xandros 4.2, Mandriva 2010.1/2010.0, Red Flag 7.0

Fitur Utama

- Modem CDMA 2000 1xEVDO Rev.A Download hingga 3,1 Mbps. Upload: 1,8 Mbps
- Kapasitas 99 SMS
- Kapasitas 300 phonebook
- Plug and play
- Dilengkapi aplikasi khusus internet TV untuk langsung mengakses berbagai saluran TV Dunia yang biasa hanya bisa dinikmati TV berlangganan
- Fitur Electronic Programming Guide (EPG), On Demand Program dan Instant Search untuk memudahkan pencarian program yang diinginkan, baik film, musik, olahraga dan lain-lain.